Pemampatan Citra
Citra direpresentasikan dalam bentuk lebih kompak, sehingga keperluan memori lebih sedikit namun dengan tetap mempertahankan kualitas gambar (misal dari .BMP menjadi .JPG)
Kriteria Pemampatan
- Waktu pemampatan
- Kebutuhan memory
- Kualitas pemampatan (fidelity)
- Format keluaran
Jenis Pemampatan
- Pendekatan Statistik
Melihat frekuensi kemunculan derajat keabuan pixel - Pendekatan Ruang
Melihat hubungan antar pixel yang mempunyai derajat keabuan yang sama pada wilayah dalam citra - Pendekatan Kuantisasi
Mengurangi jumlah derajat keabuan yang tersedia - Pendekatan Fraktal
Kemiripan bagian citra dieksploitasi dengan matriks transformasi
Klasifikasi Metode Pemampatan
- Metode Lossless
- menghasilkan citra yang sama dengan citra semula
- Tidak ada informasi yang hilang
- Nisbah/ratio pemampatan sangat rendah
Contoh: metode Huffman
- Metode lossy
- menghasilkan citra yang hampirsama dengan citra semula
- Ada informasi yang hilang akibat pemampatan tapi masih bisa ditolerir oleh persepsi mata
- Nisbah/ratio pemampatan tinggi
Contoh: JPEG dan Fraktal
Metode Pemampatan RLE
- Run Length Encoding
- Cocok untuk pemampatan citra yang memiliki kelompok pixel berderajat keabuan yang sama
Metode Pemampatan Kuantisasi
- Buat histogram citra yang akan dimampatkan. Pjumlah pixel
- Identifikasi nbuah kelompok di histogram sedemikian sehingga setiap kelompok mempunyai kira-kira P/npixel
- Nyatakan setiap kelompok dengan derajat keabuan 0 sampai n-1. Setiap kelompok dikodekan kembali dengan nilai derajat keabuan yang baru
Sumber gambar :
0 komentar: