Otak Manusia Vs Otak Robot

22.25 1 Comments





Otak manusia kalah dengan otak robot??? Pada saat ini banyak yang mengatakan bahwa otak robot (komputer) lebih hebat dan baik dari otak manusia, padahal menurut saya kenyataannya itu berbanding terbalik. Percayalah bahwa otak manusia jauh lebih hebat dan sempurna dibandingkan komputer, sebab komputer itu diciptakan oleh manusia. Secara program mungkin boleh saja komputer lebih handal dari otak manusia, namun itu adalah proses dari pengembangan daya fikir manusia itu sendiri yang kemudian dituangkan dalam konsep data programming yang merupakan basis utama pengoperasian komputer.

Kenyataan komputer lebih cerdas dari pada manusia hingga saat ini belum terjadi. Apa yang membuat prosesor komputer dan otak manusia begitu beda dalam “berfikir” dan mengolah data? 

Terdapat beberapa perbedaan diantara keduanya.

# Menggunakan sinyal listrik untuk bekerja
Sama sama menggunakan sinyal listrik, namaun cara transmisi sinyal listrik antara otak manusia dan prosesor komputer sangat berbeda. Di dalam otak manusia sinyal listrik yang dihasilkan bukan dengan cara aliran elektron seperti dalam kebanyakan sirkuit elektronik melainkan dari  sel syaraf (nerve cell) 

#Operasi dalam otak manusia dan komputer
Sebuah komputer  biasanya melakukan serangkaian operasi urut dari sebuah transistor yang terhubungkan oleh transistor yang lain biasanya sebanyak dua buah. Sedangkan otak manusia beroperasi dengan setiap sel syaraf (nerve cell) yang jumlahnya triliunan yang terhubung bukan hanya dengan dua atau tiga sel syaraf lainnya namun dengan ribuan sel syaraf lainnya.

#Memori penyimpanan
Dalam hal memori otak manusia dan komputer sama sama memiliki memori, tetapi diantara keduanya terdapat perbedaan yang signifikan. Dimana komputer memiliki RAM dan ROM sebagai memori yang memiliki kapasitas yang terbatas kalau dibandingkan dengan  otak manusia. Otak manusia dapat menyimpan 100 miliar bit informasi yang dapat diterimanya. Walaupun otak manusia memiliki beberapa kelemahan menyimpan memori pada saat usia sudah lanjut.

#Kreatifitas
Sebuah komputer biasanya identik dengan hal kekauan dan tanpa kreatifitas dibandingkan dengan otak manusia. Itu semua dikarenakan karena rata - rata kita melakukan 4000 pemikiran setiap 24 jam sekali.

#Memahami permasalahan
Otak manusia seharusnya jauh lebih dalam memahami bebrbagai permasalahan, dikarenakan otak manusia mempunyai lebih dari 100 teriliun kemungkinan koneksi/sambungan.

Dari beberapa penjelasan diatas, masihkah kalian berfpikir bahwa otak komputer jauh lebih hebat dari otak manusia??? Jika jawaban anda masih "IYA", mungkin dikarenakan banyak  manusia saat ini  yang mempunyai kebiasaan masuk kedalam potongan kecil dari seluruh kemampuan otak yang dimilikinya. Karena menurut para ahli di Sanford Research Institute banyak dari manusia hanya menggunakan 10 persen dari kemampuan otak yang dimilikinya.

Masihkah anda ingin menyianyiakan kemampuan yang telah dianugrahkan tuhan kepada manusia dengan hanya menggunakan 10 persen kemampuan otak anda??? Jika manusia dapat memaksimalkan kemampuan otak yang dimilikinya maka jika disamakan dengan komputer, kita akan menjadi komputer tercanggih yang ada.


sumber:
http://spektrumku.wordpress.com/2009/04/30/prosesor-komputer-lawan-otak-manusia/
http://www.itv-channel.com/blog/berita-536-otak-manusia-vs-komputer.html
http://ulemanku.blogspot.com/2011/06/otak-manusia-vs-otak-komputer.html

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 komentar: